BULAN PERTAMA KEHAMILAN

 


IDE-        Mungkin cerita kehamilan dimasing-masing perempuan akan berbeda-beda. Namun saya akan menggaris bawahi dalam hal ini, bahwa baik dari cerita saya maupun teman-teman yang lainnya pada dasarnya sama. Sama-sama merasakan adanya perubahan yang luar biasa berbeda emosional maupun fisik yang tentunya hanya bisa dirasakan oleh diri masing-masing perempuan.

Mau tau apa yang kami rasakan?

Dimulai dari minggu pertama kehamilan. Kebetulan saya dengan pak suami sudah merencanakan kehamilan dan mempersiapkannya sebaik mungkin. Sehingga pada saat terjadi keterlambatan menstruasi (salah satu tanda kehamilan), kami sudah mawas dan saling mengingatkan dalam menjaga kehamilan. Namun dalam posisi ini, lagi-lagi karena sayapun bekerja, sempat kecolongan masalah penentuan kapan Hari akhir mentruasi yang saya alami dan untung saja pak suami mengingatkan  (inilah pentingnya support system untuk kehamilan, saling mengingatkan). Mengapa hari tersebut penting?  Karena hari terakhir mentruasi adalah masa awal dari kehamilan dan hal tersebut akan berkaitan dengan penentuan masa-masa kehamilan dimasing-masing periode juga yang paling penting adalah penentuan masa HPL (Hari Prakiraan Lahir).

Maka dalam hal ini, tips dari saya bagi kalian yang merencanakan proses kehamilan untuk benar-benar memastikan selalu mengingat hari terakhir menstruasi, dan bukan hari terlambatnya mentruasi (karena hal ini sering disalah pahami) okey!.

Dimasa awal kehamilan ini, hampir semua perempuan tidak merasakan hal apapun yang signifikan dari perubahan emosional maupun fisik pada diri mereka kecuali seperti sakit mentruasi biasa seperti perut kembung atau kram, payudara nyeri, tubuh lemas, kepala tiba-tiba  pusing lebih tepatnya belum adanya sakit yang berarti, hanya seperti sakit mentruasi bulanan biasa. Namun yang perlu diingat dalam masa ini adalah penentuan hari terakhir mentruasi. Dimana pada saat tersebut saya mengalami kesalah pahaman penentuan harinya. Hal ini terjadi karena saya mengalami flek atau noda darah selama 3 hari dibulan yang sama (karena dibulan tersebut saya sudah megalai mentruasi diawal bulan). Dimana anggapan saya flek tersebut hanyalah noda biasa akibat dari terlalu capek dalam melakukan aktifitas atau berkerja. hal inilah yang menyebabkan keselah pahaman saya dan suami terus mengingatkan. Sehingga berujung pada memeriksakan diri di 2 dokter yang berbeda untuk memastikan tepat HPL anak kami.

selain dari belum adanya perubahan yang saya rasakan secara sgnifikan, pada minggu awal tersebut pengecekan test pack biasanya akan selalu menjukkan garis negative (saya melakukan test pack diminggu pertama hingga ke dua selalu menghasilkan garis negative). Karena pada dasarnya kehamilan di minggu-minggu awal hanya bisa dideteksi lewat bantuan Ultra Sono Grafi atau biasa disebut USG. Itupun untuk melihat apakah adanya kantong kehamilan pada dinding Rahim atau tidak. Selain daripada itu belum ada hal apapun yang bisa dipastikan. Maka keakuratan Pengecekan test pack (pengalaman saya dan ibu hamil lainnya) akan mulai terdeteksi diminggu ketiga yaitu menunjukkan samar-samar positif dan diminggu keempat atau terkahir yiitu menunjukkan garis jelas postif .

Apabila menunjukkan garis jelas positif. Selamat anda akan menjadi seorang ibu !! Maka mulai dari sini,kalian harus stay health jaga pola makan, mental dan juga spiritual untuk lebih lagi.

Dan Saya ingin membagikan tips selanjutnya bagi para ibu pekerja yang sedang hamil maupun yang akan merencanakan kehamilan. agar kesehatan kehamilan tetap terjaga dan juga pekerjaan berjalan dengan baik untuk selalu rajin cek kesehatan dan penuhi asupan nutrisi kehamilan dengan sebaiknya. Selalu patuhi rambu-rambu dari bidan atau dokter pendamping kalian.

Pengalam dari saya pribadi sebagai ibu hamil dan ibu pekerja, tidak masalah bagi kita menjalani kedua  tanggung jawab tersebut (lebih tepatnya kebaikan dalam bekerja lebih banyak daripada keburukannya). Asalkan kita mampu menjaga semua dengan seimbang dan baik, juga mendapat support sistem tempat bekerja dan juga restu suami . Hal ini karena menjadi ibu hamil itu tidak mudah juga tidak sulit, asalkan selalu menjalaninya dengan enjoy dan calm. 

Selain daripada itu, ibu hamil yang selalu berinteraksi dengan teman sebayanya kebanyakan akan mampu menekan tingkat stressnya dengan baik asalkan tidak beraktifitas berlebihan. Jika dibandingkan ibu hamil yang terus menerus berada dirumah, berinteraksi dengan orang yang sama dan berkegiatan yang sama pula atau monoton, dikecualikan bagi yang sudah terdeteksi adanya kehamilan beresiko. Kurang dan lebihnya menjadi ibu pekerja maupun ibu dirumah saja, adalah sudut pandang dari masing-masing yang menjalaninya. Asal pastikan semua dilakukan dengan baik dan tidak meresikokan yang lain, tentu tidak masalah.

Maka bagi ibu hamil yang sedang mengalami kebahagiaan dalam menyambut masa pertama kehamilannya, saya ucapkan  sekali lagi Selamat ya !.

karena Dibulan pertama kehamilan ini hanyalah ada satu cerita yaitu  moment kebahagiaan perjalanan baru untuk sebuah keluarga kecil .

Comments